P4GXIpU6yeYF5fMCqPZCp42UuY5geVqMNRVk86R4
Gambar tema oleh Igniel

Berbagi dengan menulis #weewblog

Wikipedia

Hasil penelusuran

Cari Blog Ini

Search Bar

Apa yang baru pada Android M?

Beberapa hari yang lalu, Google telah melaksanakan agenda tahunannya "Google I/O" untuk memperkenalkan teknologi baru yang akan diusung Google kedepannya. Salah satunya yaitu tentang versi android terbaru yang berinisial M.

M Preview
Secara detail Google belum menjelaskan nama dari android versi M. Namun pada acara tersebut Google membeberkan fitur-fitur baru yang dimiliki android M. Google menambahkan beberapa fitur menarik diantaranya, tentang App Permissions, Chrome Tabs & App Links, Android Pay & Fingerprint Support, dan fitur penghemat baterai bernama Doze.
  1. App Permissions
    Google mengembangkan fitur ini dengan menambahkan kontrol yang lebih baik pada saat aplikasi meminta izin kepada pengguna. Saat ini, ketika pengguna mengunduh aplikasi baru, mereka memberikan izin luas untuk berbagai fitur dan data pada perangkat. Inilah yang menyebabkan permasalahan pada keamanan data pengguna, saat beberapa developer meminta data pribadi yang terlalu banyak.

    Dengan Android M, pengguna akan lebih leluasa untuk mengelola data pribadi mereka. Android M memiliki kemampuan untuk menentukan fitur mana pada setiap aplikasi yang akan diberikan akses terhadap data pengguna.
      
  2. Chrome Tabs & App Links
    Aplikasi yang memberikan pengguna link di Web sekarang akan memiliki kemampuan untuk membuat in-app Chrome Tab , tanpa harus meluncurkan aplikasi Chrome secara terpisah . Bahkan lebih baik lagi, tab tersebut masih akan mempertahankan data pengguna, termasuk profil, preferensi, dan password.

    Sebuah fitur yang disebut New App Links memberikan pengembang kemampuan untuk menghilangkan kotak "disambigu " yang muncul ketika ada beberapa aplikasi yang menyediakan fitur untuk mengakses link tertentu. Sebagai contoh, jika seseorang mengirimkan email yang berisi link ke twitter, ketika link tersebut dibuka maka akan langsung diarahkan ke aplikasi twitter untuk membuka link tersebut tanpa harus memilih apakah ingin membukanya melalui Twitter atau browser setiap kali membukanya.
  3. Android Pay & Fingerprint Support
    Dari penamaannya sudah terlihat, Android Pay adalah layanan pembayaran mobile baru milik Google untuk bersaing dengan Apple Pay. Dalam video keynote Google I/O 2015, disebutkan bahwa Android Pay akan tersedia di 700.000 toko di Amerika Serikat dan akan bekerja pada setiap perangkat terminal pembayaran yang dilengkapi dengan NFC. Untuk menggunakannya pengguna cukup membuka ponsel mereka dan mendekatkannya dengan terminal pembayaran.

    Android M juga akan membawa dukungan sidik jari untuk aplikasi, khususnya untuk aplikasi Android Pay, meskipun itu bergantung pada perangkat yang memiliki sensor sidik dari produsen perangkat.
  4. Doze
    Android M akan memiliki fitur penghemat baterai yang lebih baik dari sebelumnya, fitur ini disebut Doze. Fitur ini akan menggunakan sensor gerak built-in yang ada di android. Dengan adanya fitur ini, perangkat akan mengetahui apakah sedang dipakai pengguna atau tidak. Jika tidak, maka Android M akan melakukan penghematan dengan mematikan perangkat, tetapi tidak sepenuhnya mati. Sehingga, ketika ada alarm maupun permintaan panggilan perangkat akan segera hidup kembali.
Nah.. itulah beberapa fitur yang diusung Google pada Android M, kita tunggu saja tanggal rilisnya tahun ini. Sebagai informasi saat ini Google sudah menyediakan preview dari android M, yang dinamai M Preview. Untuk menggunakannya developer cukup mengupdate SDK dan Build Tools versi terbaru dari Google melalui SDK Manager. Untuk rilis versi ini akan diumumkan secara resmi pada quarter ketiga tahun ini. Jadi, bersiaplah!

Sumber: ReadWrite.com
Baca Juga
Wahyudi Eko
Berbagi dengan menulis

Related Post

Posting Komentar