P4GXIpU6yeYF5fMCqPZCp42UuY5geVqMNRVk86R4
Gambar tema oleh Igniel

Berbagi dengan menulis #weewblog

Wikipedia

Hasil penelusuran

Cari Blog Ini

Search Bar

Keuntungan Membuat Daftar Isi Otomatis Laporan di Microsoft Word

Sedikit berbagi tentang penulisan daftar isi di Microsoft Word.

Membuat daftar isi di Microsoft Word bisa dilakukan dengan 2 cara, bisa manual atau otomatis. Kedua cara tersebut akan berpengaruh terhadap efisiensi waktu yang digunakan untuk membuatnya. Untuk tulisan yang daftar isinya hanya beberapa saja seperti pada makalah mungkin tidak begitu terasa. Namun untuk yang daftar isinya yang banyak seperti laporan akan menjadikan waktu kita tidak efisien.

Sumber: www.caypul.com

Tidak efisien karena biasanya karena daftar isi yang kita buat akan mengalami perubahan seiring dengan penambahan tulisan atau pun revisi tulisan kita. Misalkan saja kita menghapus satu halaman yang tidak jadi kita pakai, otomatis kita juga harus merubah semua nomor halaman pada daftar isi halaman selanjutnya. Inilah alasan kenapa Admin lebih menyarankan untuk membuat daftar isi secara otomatis.

Cara untuk membuat daftar isi secara otomatis dapat di lihat pada tulisan Admin sebelumnya pada link di bawah ini:

Wahyudieko's Blog : Membuat Daftar Isi, Daftar Gambar, dan Daftar Tabel Laporan


Nah berikut ini adalah beberapa keuntungan yang kita dapatkan saat membuat daftar isi otomatis:
  1. Mudah dibuat
    Mudah karena di Microsoft Word sudah ada fitur untuk membuat daftar isi otomatis yang dapat kita gunakan.
  2. Efisiensi waktu pembuatan laporan
    Daftar isi otomatis dapat menghemat waktu pembuatan laporan, karena biasanya jika kita membuat secara manual waktu yang dibutuhkan bisa lebih lama karena harus bolak-balik ke halaman untuk mengecek daftar isi yang dibuat.
  3. Menyesuaikan perubahan tulisan
    Daftar isi otomatis akan menyesuaikan dengan lokasi halaman dimana tulisan itu berada, jadi kita tidak perlu bolak-balik untuk mengecek apakah halaman yang ada di daftar isi sudah sesuai. Yang perlu diingat adalah selalu mengupdate daftar isi otomatisnya saat ada perubahan tulisan di halaman.
  4. Format daftar isi sudah otomatis
    Kita tidak perlu membuat format daftar isi lagi karena sudah disediakan oleh Microsoft Word. Admin masih ingat ketika membuat daftar isi otomatis dimana Admin harus menulis titik-titik-titik-titik-titik dan titik dan titik beberapa kali untuk membuat format daftar isi manual. Sangat melelahkan...
Oke. Demikian sedikit tulisan yang bisa Admin bagikan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di tulisan berikutnya. Salam.  
Baca Juga
Wahyudi Eko
Berbagi dengan menulis

Related Post

Posting Komentar