P4GXIpU6yeYF5fMCqPZCp42UuY5geVqMNRVk86R4
Gambar tema oleh Igniel

Berbagi dengan menulis #weewblog

Wikipedia

Hasil penelusuran

Cari Blog Ini

Search Bar

Catatan Bukber & Kajian Islam Pra-Nikah


*Ada 2 tipe orang di dunia ini, pemenang atau pecundang. Pemenang artinya yg bisa membawa hal2 yg ada dalam dirinya untuk digunakan taat kepada Allah.

*Setiap orang harus punya tujuan hidup, yg akan mengarahkan kemana hidup akan dibawa. Ketika kita sudah mempunyai tujuan hidup, hal2 yg kita lakukan akan lebih bermanfaat, karena kita punya target untuk mencapai tujuan tersebut.

*Kutipan dari Ust. Arifin Ilham, kematian itu adalah kehidupan itu sendiri, karena setelah mati itu adalah awal kehidupan yg sebenarnya, kehidupan akhirat.

*Kita diperintah oleh Allah berpuasa agar menjadi orang yg bertakwa.

*Kelemahan pada diri sendiri secara fisik itu sebenarnya bukanlah kelemahan, akan tetapi merupakan nikmat dari Allah agar kita lebih bisa bersyukur.

*Ayah nabi Yusuf itu buta, tetapi karena ketakwaan nabi Yusuf, beliau menjadi anak yg paling disayangi.

*Tampan atau cantik itu adalah ujian, sebagaimana kisah nabi Yusuf, dimana ketampanan nya, beliau mendapat ujian menjadi budak, dan diuji dengan majikan nya yg cantik jelita, tetapi karena takwa kepada Allah, beliau tidak tergoda, dan mendapat pertolongan Allah dlm menghadapi ujian tersebut, yg diabadikan dalam Q.S. Yusuf di dalam Al-Quran.

*Lelaki yg baik untuk wanita yg baik, lelaki yg buruk untuk wanita yg buruk. Begitulah disebutkan dalam firman Allah. Senantiasa lah berusaha menjadi baik, agar dipilihkan oleh Allah pasangan yg juga baik, karena jodoh adalah cerminan diri. Ketika kita senantiasa memperbaiki diri, Allah akan kirimkan juga pasangan yg juga sekufu atas perbaikan diri kita.

*Jangan memberikan pandangan/harapan kepada akhwat, jika tidak siap dengan resiko nya. Karena perasaan akhwat itu lebih kuat, dan kadang bisa membawa kepada hal2 yg diluar nalar, jika tidak diimbangi dengan iman yg kuat, misal mengancam untuk bunuh diri karena diputus cinta.

*Cantik/tampan itu akan memudar seiring berjalan nya waktu, jadi yg membuat cinta itu tumbuh adalah bagaimana cara kita bersikap dalam keluarga yg kita bina. Semakin kita sering melakukan ibadah bersama pasangan, qiyamul layl, murojaah, dll, itulah yg memupuk bibit2 cinta. Jadi, buatlah suasana yg baik dalam ketaatan kepada Allah, karena itulah alasan yg menguatkan hubungan cinta dalam keluarga.



Tambahan dari Suwandi Sahabat Aksi Indosiar 2019, saat waktu sahur:

 - Memilih calon pasangan karena pertama cantik (yg menurut Admin cantik itu relatif, karena cantik itu tidak semata2 karena fisik, tapi ada juga cantik akhlaq, yg kadang bisa menimbulkan rasa suka), pilih yg paling perhatian, dan mau diajak hidup susah, karena saya memang bukan dari keluarga orang yg berada.

 - Saya selalu bersyukur, karena saya orang desa, saya bukan dari keluarga yg berada, alhamdulillah saya sekarang sudah banyak dikenal orang.


Doc:
- Bukber & Kajian Islam Pra-Nikah oleh Ustd. M. Anantiyo Widodo
- Jum'at, 24 Mei 2019, Masjid Al-Ikhlas Branti Kadangan Temanggung
Baca Juga
Wahyudi Eko
Berbagi dengan menulis

Related Post

Posting Komentar