P4GXIpU6yeYF5fMCqPZCp42UuY5geVqMNRVk86R4
Gambar tema oleh Igniel

Berbagi dengan menulis #weewblog

Wikipedia

Hasil penelusuran

Cari Blog Ini

Search Bar

Cara Mudah Membuat Custom Domain Blogger dengan DNS Cloudflare

Hai semuanya,

Hari ini Admin akan berbagi informasi tentang bagaimana cara membuat custom domain di Blogger. Apa itu custom domain dan apa manfaatnya menggunakan custom domain?

(sumber gambar)

Custom domain adalah salah satu fitur yang disediakan Blogger untuk membuat URL blog kita yang semula berupa blogger-hosted-url (misal w-eko.blogspot.com), menjadi non-blogger-hosted-url (misal eko.com). Salah satu manfaat penggunaan custom domain pada blog kita akan membuat blog semakin eksklusif, karena tidak menggunakan domain blogger lagi. Tentunya, cara ini sangat cocok untuk membuat blog kita semakin terkenal dan mudah diingat.

Pada tutorial kali ini Admin akan menunjukan cara mudah untuk mengganti url blog di Blogger menggunakan custom domain yang kita beli dari pihak ketiga.

Langkah pertama adalah membeli domain yang akan kita gunakan. Untuk jenis domain nya bisa disesuaikam dengan kebutuhan ataupun isi dari blog yang teman2 semua buat. Pada tutorial ini Admin menggunakan domain eko.com sebagai contoh yang telah Admin beli di pihak penyedia hosting & domain. Pada tahap ini, kita hanya perlu membeli domain nya saja, karena file2 blog kita masih tersimpan di hosting/server Blogger.

Setelah memiliki domain kita sendiri, langkah untuk merubah url blog menjadi custom domain adalah sebagai berikut:
  • Mendaftar akun Cloudflare dan kemudian mendaftarkan domain. Siapkan email aktif untuk pendaftaran akun baru. Untuk mendaftarkan akun silahkan klik link ini https://dash.cloudflare.com/sign-up.



  • Setelah Anda masuk ke dashboard Cloudflare. Anda dapat menambahkan domain baru Anda yang akan digunakan untuk custom domain. 



  • Jika sudah dan berhasil. Anda dapat melakukan pengaturan DNS untuk menghubungkan domain blogger Anda dengan domain custom. 


    Klik pada menu DNS untuk melakukan setting yang diperlukan. 

  • Pada menu DNS Cloudflare, Anda perlu memasukan beberapa CNAME agar domain blogger Anda dapat dihubungkan. Berikut ini adalah setting yang harus dilakukan:



    Pada bagian di atas ada beberapa yang harus ditambahkan yaitu:


    » 4 value TYPE A dengan value IP Blogger

    Type Name Content TTL & Proxy
    A nama domain 216.239.32.21 Auto & DNS Only
    A nama domain 216.239.34.21 Auto & DNS Only
    A nama domain 216.239.36.21 Auto & DNS Only
    A nama domain 216.239.38.21 Auto & DNS Only

    » 2 value CNAME dengan value setting dari Blogger

    Type Name Content TTL & Proxy
    CNAME kode id id dari blogger Auto & DNS Only
    CNAME www ghs.google.com Auto & DNS Only

    Untuk mendapatkan kode & id dari blogger, silahkan login ke akun Blogger Anda dan masuk ke menu Setting. Cari bagian custom domain seperti dibawah ini:



    Klik pada menu Custom domain, untuk melihat kode & id blogger yang harus dimasukkan ke Cloudflare. 



  • Setelah Anda menyelesaikan setting di atas. Domain blogger Anda akan terhubung dengan domain custom yang telah Anda miliki.
  • Jika domain sudah berhasil disimpan, silahkan cek mengunjungi blog Anda dengan domain custom (misal: https://eko.com). Jika berhasil maka Anda akan melihat blog Anda dengan alamat domain yang baru. Jika belum, tunggu beberapa menit agar DNS Cloudflare dapat terhubung dengan domain Blogger Anda. Silahkan cek secara berkala.
  • Untuk pengaturan tambahan, agar tidak terjadi error. Admin menyarankan agar selalu mengaktifkan fitur Redirect domain pada settingan Blogger.

Demikian tutorial setting custom domain Blogger dengan DNS Cloudflare. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. 


Salam & Terima Kasih 🧑🏻‍💻

Baca Juga
Wahyudi Eko
Berbagi dengan menulis

Related Post

Posting Komentar