P4GXIpU6yeYF5fMCqPZCp42UuY5geVqMNRVk86R4
Gambar tema oleh Igniel

Berbagi dengan menulis #weewblog

Wikipedia

Hasil penelusuran

Cari Blog Ini

Search Bar

Cara Mudah Mengakses Local Server XAMPP di Mac OS dalam Satu Jaringan

Halo semuanya,

Kembali lagi Admin ingin berbagi info tentang cara mudah mengakses local server XAMPP di Mac OS dalam satu jaringan. Tutorial ini Admin buat karena dalam mengakses server lokal di Mac OS akan membutuhkan beberapa pengaturan tambahanm, berbeda jika di Windows OS saat kita menjalankan XAMPP kita langsung bisa mengakses server lokal dalam satu jaringan menggunakan public ip komputer, misal http://192.168.0.109/,

Pada tutorial kali ini Admin hanya akan membahas tentang cara mengakses server lokal XAMPP di Mac OS. Admin tidak akan membahas bagaimana cara melakukan penginstalan XAMPP nya.

Untuk itu langsung saja, berikut ini langkah-langkahnya.
  1. Jalankan XAMPP pada Mac. Pastikan lokal server sudah bisa diakses pada browser yang terinstall di Mac.



    Pada tampilan di atas lokal server aplikasi XAMPP berjalan pada IP 192.168.64.2, namun bukan ini yang akan kita gunakan untuk mengakses lokal server di perangkat lain.
  2. Setelah XAMPP berhasil dijalankan, lakukan pengecekan pada browser dengan mengetikan alamat IP tersebut (http://192.168.64.2/). Jika berhasil kita akan mendapatkan halaman dashboard XAMPP seperti berikut ini.

  3. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah mendapatkan alamat publik IP komputer Mac. Cara mendapatkannya dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pada turorial kali ini Admin akan menggunakan fitur Remote Management yang dapat ditemukan di pencarian System Preferences (Logo Mac 🍎> System Preferences->Cari "Remote Management").



    Klik checkbox Remote Management untuk melihat IP publik dari komputer kita yang dapat diakses oleh perangkat lain dalam satu jaringan.



    Dari tampilan di atas, dapat kita ketahui bahwa alamat IP public komputer Admin adalah 192.168.0.109. Pada tahap ini, alamat tersebut masih belum kita akses melalui perangkat lain dalam satu jaringan.
  4. Langkah selanjutnya adalah melakukan pembukaan port di aplikasi XAMPP agar kita bisa mengkakses alamat publik tersebut di perangkat lain untuk membuka lokal server XAMPP. Perhatikan caranya pada gambar berikut.

     

    Pada tampilan di atas, kita telah membuka port 3000 untuk mengakses port 80 XAMPP yang berjalan di komputer Mac. Selanjutnya aktifkan port tersebut agar kita bisa mengkakses IP public komputer Mac kita di perangkat lain dalam satu jaringan. Pilih port yang telah kita buat, dan klik Enable untuk mengaktifkan port nya.


  5. Jika telah berhasil, kita dapat mengakses lokal server XAMPP kita pada alamat http:192.168.0.109:3000/. Perhatikan gambar berikut.



    Pada tampilan di atas, Admin mencoba mengakses server lokal XAMPP yang terhubung dalam satu jaringan pada alamat http:192.168.0.109:3000/ dan berhasil. Yeeeaaaa!!! 🎉🎉🎉


Demikian tutorial yang dapat Admin bagikan, semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya. Aamiin.

Ambil selembar kertas, untuk menyurati kawan.
Selamat beraktifitas dan sampai jumpa di lain kesempatan. 


Salam IT - Admin [WE]


Baca Juga
Wahyudi Eko
Berbagi dengan menulis

Related Post

3 komentar

  1. Balasan
    1. Sama-sama Kak. Kalau sekarang malah aku lebih enak pakai yang non-VM xampp nya. Jadi lebih mudah aksesnya seperti di Windows, pakai localhost langsung bisa.

      Hapus
Komentar Anda akan menjadi koreksi bagi perkembangan blog saya. Terimakasih 🙏🏻