P4GXIpU6yeYF5fMCqPZCp42UuY5geVqMNRVk86R4
Gambar tema oleh Igniel

Berbagi dengan menulis #weewblog

Wikipedia

Hasil penelusuran

Cari Blog Ini

Search Bar

Cara Mudah Menambahkan Widget Chat ke Blog (Chatra)

 

Logo Chatra (sumber)

Halo semuanya, 

Pada kali ini Admin kembali untuk memberikan tutorial tentang cara mudah menambahkan widget chat ke blog kita. Dalam tutorial ini Admin akan memberikan contoh dengan salah satu platform chat yang cukup terkenal, yaitu Chatra. Silahkan kunjungi halaman web resmi nya untuk mengetahui lebih lanjut tentang Chatra di https://chatra.com/

Kenapa menambahkan widget chat ke blog menjadi sesuatu yang penting? Karena pada blog yang kita gunakan seperti Wordpress atau Blogger, secara default tidak menyediakan fitur tersebut. Selain itu, dengan adanya widget chat, blog kita akan lebih menarik, karena menyediakan fitur chat kepada penulis/pengelola blog. Misalkan saja, jika ada pertanyaan dari pembaca blog yang ingin disampaikan secara langsung kepada pengelola blog. Dengan adanya widget chat, hal tersebut dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, karena biasanya platform widget chat seperti Chatra sudah menyediakan aplikasi web ataupun mobile untuk melihat/membalas chat yang masuk dari blog kita.  

Link aplikasi mobile Chatra: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.chatra.app&utm_source=downloadatoz.com

Untuk itu langsung saja ya ke tutorialnya:

Pada saat menambahkan widget chat ke blog, ada beberapa hal yang harus dilakukan, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Mendaftarkan akun Chatra

Silahkan kunjungi https://chatra.com/ untuk mendaftarkan akun baru. Anda hanya membutuhkan email aktif untuk membuat akun di Chatra. 

2. Mendaftarkan akun Chatra

Jika sudah memiliki akun Chatra, silahkan login ke halaman dashboard Chatra di https://app.chatra.io/. Jika berhasil login, maka akan ditampilkan halaman dashboard seperti dibawah ini:


Pada tampilan di atas, secara default kita akan berada di menu Chat Widget, yang mana nanti akan kita gunakan untuk menambahkan widget chat. Kita dapat melihat menu-menu chat Chatra ada di sebelah kiri, silahkan lakukan perubahan yang diinginkan seperti menambahkan foto profil, detail akun, dll.

3. Membuat widget chat di platform Chatra

Jika sudah melengkapi informasi akun Chatra. Silahkan klik menu Chat Widget, kemudian lakukan kustomisasi yang diinginkan pada widget chat yang akan ditambahkan. Perubahan yang dapat dilakukan seperti merubah warna widget, merubah bentuk widget, dll. Pada tutorial ini, Admin menggunakan versi gratis dari Chatra, jadi ada beberapa fitur  kustom chat widget yang tidak bisa digunakan. Tapi hal tersebut tidak menjadi masalah, karena dengan paket gratis saja kita sudah cukup.


Klik pada tombol </> Show widget code untuk melihat kode javascript yang akan kita gunakan untuk menambahkan widget chat ke blog kita. Tampilan nya akan seperti ini:


4. Menambahkan script widget ke Blog

Setelah mendapatkan kode widget chat, silahkan copy kode tersebut. Kemudian masuk ke dashboard blog yang kita gunakan. Pada tutorial ini, Admin menggunakan Blogger. 

- Silahkan masuk ke menu Theme/Tema di Blogger. Klik tombol Customize lalu pilih Edit HTML.



- Jika sudah silahkan scroll ke kode HTML paling bawah, lalu tempatkan kode widget Chatra yang sudah kita dapatkan tepat sebelum tag </body>. Contohnya seperti dibawah ini:


- Setelah selesai silahkan save/simpan perubahan tema yang baru saja kita lakukan. Hasilnya akan langsung bisa kita lihat pada tampilan blog kita. Pada blog Admin, widget chat akan terlihat pada bagian kanan bawah blog.


- Tentunya widget tersebut dapat di kustom lokasi dan betuknya melalui halaman dashboard Chatra. Contoh perubahan nya dapat dibuat seperti ini:


Demikian tutorial tentang cara menambahkan widget chat Chatra ke blog. Semoga bermanfaat dan bisa digunakan untuk membuat blog teman-teman lebih menarik dan interaktif. 

Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di lain kesempatan. 🧑🏻‍💻

Baca Juga
Wahyu Eko
We Love Business

Related Post

Posting Komentar