P4GXIpU6yeYF5fMCqPZCp42UuY5geVqMNRVk86R4
Gambar tema oleh Igniel

Berbagi dengan menulis #weewblog

Wikipedia

Hasil penelusuran

Cari Blog Ini

Search Bar

Panduan Singkat Hacktoberfest 2020




1. Pengenalan Hacktoberfest

Hacktoberfest adalah event tahunan yang dibuat untuk pengenalan pengembangan open-source oleh perusahaan cloud ternama, Digital Ocean. Pada event Hacktoberfest siapapun boleh bergabung untuk melakukan kontribusi terhadap repository publik yang ada di GitHub.

Halaman event Hacktoberfest 2020

Syarat untuk menyelesaikan event Hacktoberfest 2020 adalah dengan melakukan kontribusi Pull Request sebanyak 4 kali (minimal) ke salah satu atau beberapa repository publik yang berlabel hacktoberfest di GitHub.

Peserta yang telah menyelesaikan Pull Request akan mendapatkan hadiah di akhir event, khusus pada tahun ini hadiahnya adalah kaos ekslusif dari Digital Ocean atau bisa juga ditukar dengan donasi untuk penanaman pohon untuk penghijauan bumi.


2. Cara Berpartisipasi

Untuk berpartisipasi dalam Hacktoberfest silahkan login ke halaman Hacktoberfest dengan akun GitHub Anda. Jika Anda belum memiliki akun GitHub, segera buat dengan menggunakan email aktif yang dimiliki.

Link GitHub: https://github.com/
Link Hacktoberfest: https://hacktoberfest.digitalocean.com/


3. Cara Melakukan Pull Request

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan Pull Request. Cara termudah adalah dengan menggunakan fitur yang tersedia di GitHub web. Untuk Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1) Login ke akun GitHub

Jika telah memiliki akun GitHub silahkan login ke akun Anda di https://github.com/. Jika belum Anda bisa membuatnya dengan menggunakan email aktif Anda.

2) Pilih repository publik yang diinginkan

Untuk mengikuti event Hacktoberfest Anda harus mencari repository publik yang berpartisipasi dalam event Hacktoberfest. Silahkan cek repository publik di GitHub, cari repository yang memiliki label hacktoberfest.

3) Lakukan fork untuk menyalin repository

Untuk melakukan pull request, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan fork pada repository publik yang telah dipilih. Silahkan kunjungi halaman repository dan lakukan fork pada repository tersebut. Tombol fork ada dibagian kanan atas halaman repository.

4) Lakukan update pada repository fork

Pada contoh dibawah ini peserta melakukan penambahan database yang sesuai dengan panduan kontribusi pada repository induk:


Setelah selesai mengecek perubahan lakukan commit untuk menyimpan perubahan:


5) Pastikan update sesuai dengan panduan kontribusi

Penting untuk mengecek panduan kontribusi di setiap repository, karena panduan kontribusi akan berbeda tergantung kebijakan repository terkait.

6) Lakukan pull request ke repository induk

Setelah selesai dengan melakukan commit perubahan ke repository fork. Kita dapat melakukan open Pull Request ke repository induk. Caranya adalah dengan melakukan perbandingan perubahan pada repository fork dan repository induk, seperti pada tampilan berikut ini:


Perubahan yang terdeteksi akan muncul seperti tampilan dibawah ini:


Klik tombol Open pull request untuk membuat pull request baru:


7) Tunggu hingga pull request diterima

Setelah melakukan Pull Request, perubahan pull request kita akan ditampilkan pada repository induk. Jika pull request telah diterima oleh pengelola repository induk, Anda akan mendapatkan notifikasi di akun GitHub Anda, notifikasi juga akan diterima melalui email. Selamat mencoba!

*PULL REQUEST yang diterima pada event Hacktoberfest 2020 adalah pull request yang telah dilabeli hacktoberfest-accepted oleh pemilik/pengelola repository induk.



4. Melihat Progress Hacktoberfest 

Di halaman dashboard Hactoberfest Anda dapat melihat status penyelesaian Pull Request di bagian sebelah kanan atas.


Pada ilustrasi gambar di atas, peserta belum melakukan Pull Request jadi statusnya masih 0 dari 4. Untuk menyelesaikan event Hacktoberfest silahkan lakukan Pull Request sebanyak 4 kali ke repository publik yang berlabel hacktoberfest.

Setelah peserta melakukan Pull Request dan diterima oleh pemilik/pengelola repository. Status pada dashboard event Hacktoberfest akan berubah seperti dibawah ini:


Pada tampilan di atas, peserta telah berhasil melakukan satu Pull Request sehingga progress bertambah, 1 dari 4 pull requests. Teruskan progress dengan melakukan Pull Request sebanyak 4 kali untuk menyelesaikan event Hacktoberfest 2020.

Selamat mencoba dan semoga berhasil! 

Baca Juga
Wahyudi Eko
Berbagi dengan menulis

Related Post

Posting Komentar