P4GXIpU6yeYF5fMCqPZCp42UuY5geVqMNRVk86R4
Gambar tema oleh Igniel

Berbagi dengan menulis #weewblog

Wikipedia

Hasil penelusuran

Cari Blog Ini

Search Bar

Kesuksesan Uji Coba Starship SN9 SpaceX Menjadikan Misi ke Mars Semakin Dekat

Starship SpaceX

Halo semua,

Kali ini kita membicarakan hal yang diimpikan oleh orang terkaya di dunia, Elon Musk. Pada tahun 2016 Elon Musk menyampaikan presentasi tentang bagaimana manusia bisa ke Mars dan membuat markas di sana. Dalam presentasi tersebut, Elon menjelaskan gagasanya dalam beberapa tahun kedepan agar manusia pertama bisa mendarat di planet merah. 

Perbandingan ukuran Starship

Riset SpaceX

Dimulai dari riset lini usaha Elon Musk yang berfokus pada pengembangan roket reusable (dapat digunakan kembali), SpaceX membuktikan bahwa hal tersebut mungkin untuk dilakukan. Pengembangan roket resusable dimaksudkan agar cost/biaya yang dikeluarkan untuk penerbangan dan pembuatan roket bisa dipangkas dan lebih murah. Iya lebih murah karena roket dapat digunakan kembali setelah diluncurkan ke angkasa.

Ringkasan percobaan roket SpaceX Falcon 9

Reusable Rocket

Dalam proses pembuatan roket reusable Falcon 9 dan Falcon Heavy, SpaceX membutuhkan beberapa tahun untuk dapat membuatnya sukses mendarat dengan sempurna. Dimulai dari percobaan pendaratan pertama di tahun 2013, hingga kesuksesannya hari ini membawa misi-misi luar angkasa. Dan hari percobaan itu datang kembali, kali ini SpaceX akan memulai percobaan penerbangan Starship SN9, prototype pesawat luar angkasa reusable yang akan mendapatkan percobaan penerbangan tinggi (hight-altitude flight), dengan ketinggian sekitar 10 Km menuju angkasa.

Prototype Starship

Percobaan tersebut sudah pernah dilakukan pada prototype sebelumnya yaitu SN8 (Starship Number 8). Pada percobaan tersebut SN8 berhasil melakukan penerbangan tinggi sejauh 12.5 Km dan melakukan manuver untuk kembali ke landasan di permukaan Bumi. Sayangnya pada percobaan tersebut SN8 gagal melakukan landing, dan mengalami crash yang membuat SN8 hancur berkeping-keping. Dalam tanggapannya di Twitter, Elon menyampaikan bahwa kegagalan tersebut bukanlah sepenuhnya gagal. Malahan terbilang sukeses, karena dari percobaan tersebut SpaceX mendapatkan banyak data, yang akan membuat percobaan selanjutnya menjadi lebih baik. Berikut ini adalah hasil rekapan percobaan high-altitude flight SN8.

Percobaan Hight Altitude Flight SN8

Live 24 Jam SpaceX

Ada hal menarik yang membuat percobaan Starship SpaceX ini, yaitu pada prosesnya SpaceX dan LabPadre bekerja sama dalam menyediakan konten terbaik untuk publik dalam live video 24 jam yang ditayangkan di YouTube sejak percobaan SN8 selesai dilakukan. Kini masyarakat dapat memantau perkembangan persiapan dan uji coba Starship milik SpaceX dimulai dari prototype Starship SN9 hingga Starship SN selanjutnya. Silahkan cek live videonya pada link di bawah ini:

Live 24 Jam LabPadre x SpaceX

Untuk memantau perkembangan protoype Starship, silahkan teman-teman sesekali mengunjungi link tersebut untuk melihat update terbaru tentang perkembangannya. Teman-teman juga bisa memanfaatkan live chat untuk berinteraksi dengan admin LabPadre dan orang lain dari seluruh dunia yang memiliki minat terhadap Starship dan SpaceX.

Kapan ke Mars?

Jika percobaan Starship SN9 berhasil, tentunya hal tersebut akan menjadikan misi pengiriman manusia pertama ke Mars semakin dekat. Dari beberapa sumber yang Admin dapat, hingga SpaceX bisa sepenuhnya menguji Starshipnya, pengiriman manusia pertama ke Mars diperkirakan akan dilakukan pada tahun 2024 atau 2025. Tergantung dari seberapa cepat SpaceX menyelesaikan proyek Starshipnya.

Akankah SN9 sukses?

Perkiraan pelaksanaan percobaan high-altitude-flight-test SN9, jika tidak ada halangan akan dilaksanakan sekitar tanggal 18-20 Januari 2021. Tanggal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, jika ada kendala atau test lanjutan yang akan dilakukan sebelum percobaan penerbangan tinggi Starship SN9. Seperti kita ketahui, Starship SN9 telah melakukan serangkaian uji coba sebelum dinyatakan siap untuk terbang. Dalam beberapa hari sebelumnya, Starship SN9 telah mendapatkan pengujian Static Fire Engin, yaitu percobaan menghidupkan mesin roket Raptor selama satu detik, yang dimaksudkan untuk menguji kesiapan mesin Raptor dalam mendorong Starship ke angkasa. 

Untuk melihat hasilnya, teman-teman dapat memantau perkembangannya dalam link YouTube live 24 jam dari LabPadre di atas. Dengan perbedaan waktu 14 jam antara Indonesia dan Amerika, teman-teman dapat menyaksikan percobaan Starship SN9 SpaceX pada siang hari di bagian sisi bumi Amerika, dimana di Indonesia adalah di malam hari setelah maghrib. Dilihat dari percobaan sebelumnya, percobaan penerbangan SN9 diperkirakan akan dilaksanakan pada siang hari di jam Amerika di antara tanggal 18-20 Januari 2021. Selamat menonton! 

Stay tuned and stay healthy!
#Mars #SpaceX #Starship

Baca Juga
Wahyu Eko
We Love Business

Related Post

1 komentar

Komentar Anda akan menjadi koreksi bagi perkembangan blog saya. Terimakasih 🙏🏻