P4GXIpU6yeYF5fMCqPZCp42UuY5geVqMNRVk86R4
Gambar tema oleh Igniel

Berbagi dengan menulis #weewblog

Wikipedia

Hasil penelusuran

Cari Blog Ini

Search Bar

[2] Ikhtiar Meninggalkan Riba dengan Membuka Rekening Bank BNI Syariah

Lanjutan dari artikel Admin sebelumnya...



Buku tabungan dan kartu debit BNI IB hasanah

Penghapusan Suku Bunga Bank Konvensional

Sebenarnya pada bank konvensional kita bisa meninggalkan riba dengan cara mengajukan penghapusan suku bunga yang ada di rekening kita. Secara teori sebenarnya penghapusan suku bunga ini tidak merugikan pihak bank, tapi dalam prakteknya ada bank yang tidak memeperbolehkan penghapusan suku bunga bank di rekening tabungan, seperti bank BNI. Untuk bank yang Admin tahu bisa dihapus suku bunga nya adalah Bank Mandiri, Admin pernah mendengar cerita dari teman Admin yang mengajukan permohonan penghapusan suku bunga dan alhamdulillah diterima oleh pihak bank.

Silahkan simak video singkat ini:



Membuka Rekening Bank BNI Syariah
Untuk membuka rekening BNI Syariah langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Menyiapkan data identitas pribadi
    Yang diperlukan dalam pembukaan rekening baru di semua Bank hampir sama. Yaitu membutuhkan kartu identitas pribadi seperti KTP/SIM. Jika teman-teman ingin membuka rekening bank di luar daerah ada dokumen tambahan yang harus disertakan, yaitu surat keterangan domisili. Tanpa surat keterangan domisili pun sebenarnya pembukaan rekening masih bisa dilalakukan jika:
    a. Anda sudah bekerja
    Jika Anda sudah bekerja, Anda akan diminta untuk membuat surat pengantar dari tempat Anda bekerja untuk digunakan sebagai dokumen pelengkap.
    b. Anda adalah Mahasiswa di kota tersebut
    Bank juga bisa menerbitkan rekening jika kita masih memiliki status mahasiswa di kota tempat pengajuan pembukaan rekening. Anda akan diminta untuk menunjukkan kartu identitas mahasiswa (KTM).

  2. Mengisi formulir pengajuan pembukaan rekening baru
    Jika dokumen sudah lengkap silahkan datang ke Bank dan bertanya kepada satpam bahwa kita ingin membuka rekening baru. Satpam akan langsung mengarahkan kita untuk mengisi formulir pembukaan rekening baru dan menunggu antrian customer service (CS).

  3. Membuat akad di customer service (CS) Bank BNI Syariah
    Setelah pengisian formulir selesai dilakukan dan kita sudah sampai ke CS, kita akan mendapatkan penjelasan dari CS tentang jenis-jenis rekening yang tersedia beserta layanan-layanan nya. Pada bank BNI Syariah layanan lengkapnya dapat dilihat di link ini. Admin saat membuka rekening memilih jenis rekening BNI IB Hasanah dengan akad Wardiah (tidak ada suku bunga dan biaya ATM, artinya uang kita yang ada dibank tidak akan bertambah sendiri dan hanya akan berkurang/bertambah saat kita melakukan transaksi menggunakan rekening kita).

  4. Aktivasi fitur Bank BNI Syariah
    Setelah rekening selesai dibuat kita akan ditawarkan oleh CS, apakah kita akan mengaktifkan sekalian fitur untuk rekening tabungan kita. Ada beberapa fitur yang bisa kita aktifkan yaitu, fitur SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking. CS akan merekomendasikan untuk mengaktifkan fitur SMS Banking dan Mobile Banking, karena proses nya bisa cepat. Untuk Internet Banking prosesnya agak lama, jadi direkomendasikan untuk mengaktifkan nya dilain hari.
    a) SMS Banking
    Fitur ini sangat direkomendasikan agar kita bisa melakukan transaksi ke rekening kita melalui SMS. Transaksi yang dapat dilakukan misalnya seperti: cek saldo, transfer, pembelian pulsa listrik, pembuatan VCN BNI, dll. Fitur ini juga wajib diaktifkan jika pengguna ingin mengaktifkan fitur Mobile Banking. Untuk mengaktifkan fitur ini kita membutuhkan nomor yang belum dikaitkan dengan layanan Bank BNI. Jika nomor kita sudah dipakai untuk SMS Banking di Bank BNI konvensional nomor tersebut harus dinonaktifkan dulu fitur SMS Banking nya agar bisa dipakai di Bank BNI Syariah.
    b) Mobile Banking
    Fitur Mobile Banking dapat diaktifkan saat pembukaan rekening baru. Kemudahan yang ditawarkan dari fitur Mobile Banking ini lebih banyak. Kita akan mendapatkan fitur yang lebih banyak di aplikasi Mobile Banking BNI seperti cek saldo, transfer, pembelian, mutasi rekening, dll. Semua layanan tersebut bisa teman-teman lihat dalam aplikasi Mobile Banking BNI yang bisa di download di Google Play Store melalui link ini.

  5. Membayar uang pembukaan rekening ke Teller Bank
    Ketika sudah selesai semua urusan pembukaan rekening di CS, kita akan disuruh CS untuk menyetorkan uang pembukaan rekening Bank BNI Syariah ke Teller. Biaya yang disetoran adalah setoran pertama sebesar Rp. 100.000,-, biaya pembuatan kartu ATM sebesar Rp. 10.000,- dan biaya penggantian materai sebesar Rp. 6.000,-.  
BNI iB Hasanah adalah tabungan dengan akad Mudharabah atau Wadiah yang memberikan berbagai fasilitas serta kemudahan dalam mata uang Rupiah.
Fasilitas :
  • Buku Tabungan.
  • Hasanah Debit GPN atau Hasanah Debit Silver.
  • E-banking (ATM, SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking dan Phone Banking).
Keunggulan :
  • Hasanah Debit Silver sebagai kartu ATM pada jaringan ATM (ATM BNI, ATM Bersama, ATM Link, ATM Prima & Cirrus) dan kartu belanja (Debit Card) di merchant berlogo MasterCard di seluruh dunia.
  • Dapat melakukan transaksi di counter teller BNI dan BNI Syariah seluruh Indonesia.
  • Pembukaan rekening otomatis berinfaq Rp 500,-.
  • Dapat dijadikan sebagai agunan pembiayaan.
Biaya :
Keterangan Layanan
Wadiah
Mudharabah
Pengelolaan Rekening per bulan
Rp 0,-
Rp 7.500,-
Tutup Rekening
Rp 20.000,-
Rp 10,000,-
Saldo Minimum
Rp 20.000,-
Rp 100.000,-
Biaya Dibawah Saldo Minimum
Rp 0,-
Rp 10.000,-
Pembuatan Kartu ATM (chip)
Rp 10.000,-
Persyaratan dan Tata Cara :
  • Kartu Identitas Asli (KTP/Paspor).
  • Setoran awal minimal Rp. 100.000,-.

Keuntungan Membuka Rekening di Bank BNI Syariah
Ada beberapa keuntungan yang dapat teman-teman dapatkan saat membuka rekening di Bank BNI Syariah yaitu:
  1. Terhindar dari Riba
    Ya, ini manfaat utama yang akan kita dapatkan saat membuka rekening di Bank Syariah. Kita akan terhindar dari praktek riba yang ada di Bank konvensional.
  2. Mendapatkan fitur yang sama seperti Bank BNI Konvensional
    Fitur yang kita dapatkan di Bank BNI Syariah sama seperti fitur yang ada di Bank BNI konvensional. Fitur seperti VCN BNI juga akan kita dapatkan. Admin sudah menulis tentang manfaat dari fitur VCN BNI di artikel ini.
  3. Bisa membuka banyak rekening dengan jenis tabungan yang sama
    Satu kelebihan Bank BNI Syariah dari Bank BNI biasa adalah kita dapat membuka banyak rekening dengan jenis yang sama. Jika di BNI biasa, saat kita akan membuka rekening baru lagi kita diharuskan memilih jenis tabungan yang berbeda. Kelebihan ini baru Admin ketahui setelah Admin membuka rekening baru lagi di Bank BNI Syariah. Bagi yang sudah bekerja atau memiliki sumber pendapatan, Anda bisa membuka beberapa rekening untuk memisahkan uang yang dimiliki. Misalkan satu rekening khusus untuk menerima gaji, dan satu rekening lagi dikhusukan untuk tabungan pribadi. 
Demikian tulisan yang bisa Admin bagikan semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Silahkan bagikan artikel ini kepada orang lain!
    Jika ada kurangnya Admin mohon maaf. Terimakasih.
    Wassalamu'alaikum... 
    Baca Juga
    Wahyudi Eko
    Berbagi dengan menulis

    Related Post

    Posting Komentar