P4GXIpU6yeYF5fMCqPZCp42UuY5geVqMNRVk86R4
Gambar tema oleh Igniel

Berbagi dengan menulis #weewblog

Wikipedia

Hasil penelusuran

Cari Blog Ini

Search Bar

Membuat Tautan Singkat [Short Link] dengan Bitly

Halo semua nya,

Kembali lagi Admin ingin berbagi tutorial baru di blog Admin. Tutorial kali ini tentang tautan singkat (short link) menggunakan situs gratis Bitly.com.

Sebelum memulai tutorial, Admin akan sedikit menjelaskan apa manfaat yang bisa kita peroleh dari menggunakan fitur pemerpendek tautan di beberapa situs seperti Bitly.com. Dengan menggunakan fitur pemerpendek tautan/link website, pengguna dapat mempersingkat penulisan tautan/link yang akan digunakan lagi. Misalnya saat orang ingin membagikan link akun sosial media untuk berjualan, jika sebelumnya menulis dengan link lengkap (misal: www.instagram.com/id_pengguna) dapat dipersingkat menjadi bit.ly/id_pengguna.

Source: idaff.com

Kemudahan dalam membuat tautan singkat tersebut sering dimanfaatkan oleh akun olshop yang berjualan di Facebook ataupun Instagram untuk membuat short link akun WhatsApp jualan nya. Karena selain gratis, cara pembuatan nya pun cukup mudah dan cepat. Pada tutorial ini, Admin akan mencontohkan cara pembuatan akun Bitly.com dan short link menggunakan alamat website dari blog Admin.

Berikut ini adalah langkah-langkah nya:
  1. Membuat akun di Bitly.com

    Pada halaman awal Bitly.com (Admin membuka nya dengan smartphone), ditampilkan halman seperti di atas. Sebenarnya jika pengguna hanya ingin memperpendek halaman, pengguna bisa langsung membuatnya di halaman utama tanpa perlu login.

    Tapi jika pengguna ingin melakukan pemendekan link sekaligus memberi nama kustom link yang dibuat, pengguna perlu mendaftarkan akun terlebih dahulu.

    Untuk mendaftarkan akun cukup mudah, pengguna diberikan tiga pilihan untuk login/mendaftarkan akun. Ada Google, Facebook, dan Twitter. Atau jika pengguna tidak ingin mendaftar menggunakan ketiga akun di atas, pengguna juga bisa mendaftar menggunakan email. Pada tutorial kali ini Admin akan mendaftarkan akun menggunakan akun Google.

    Setelah memasukkan alamat email Google dan password, pengguna akan diarahkan ke halaman Selamat Datang (Welcome Page) seperti gambar di tengah. Jika pengguna belum pernah membuat akun Bitly.com, pengguna dapat melakukan klik pada tombol CREATE NEW BITLY ACCOUNT, untuk membuat akun Bitly.com baru dengan email yang telah dimasukkan tadi. Setelah itu pengguna disuruh untuk melakukan verifikasi gambar untuk validasi pembuatan akun.

  2. Login Akun
    Setelah akun terdaftar pengguna dapat melakukan login dengan akun yang sudah dibuat, jika login berhasil pengguna akan diarahkan ke halaman pembukaan (opening page) dan setelah pengguna melakukan klik pada tombol yang disediakan, pengguna akan masuk ke halaman dashboard aplikasi Bitly.com. Pada halaman dashboard inilah pengguna dapat membuat short link baru melalui tombol CREATE yang ada di tengah atas.

  3. Membuat Short Link
    Seperti tampilan di atas, pengguna dapat memasukkan alamat website yang akan diperpendek link nya. Pada contoh kali ini Admin memperpendek link website Admin (https://w-eko.blogspot.com) menjadi short link seperti tampilan pada gambar di atas.

    Jika pengguna ingin melakukan kustom nama short link nya, pengguna dapat mengedit nama link setelah domain bit.ly/nama_link seperti pada tampilan gambar berikut:

    Pada contoh di atas, short link website nya Admin ubah menjadi bit.ly/blog-eko. Setelah selesai, klik tombol SAVE untuk menyimpan perubahan nama link yang telah ditentukan.

Dengan mempunyai akun Bitly.com, pengguna dapat membuat short link secara gratis sesuai kebutuhan. Jadi jika pembaca belum pernah memanfaatkan nya, silahkan mendaftarkan akun baru dan mulai menggunakan fitur tersebut.

Demikian tutorial yang dapat Admin bagikan, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terimakasih. 

Baca Juga
Wahyudi Eko
Berbagi dengan menulis

Related Post

Posting Komentar