P4GXIpU6yeYF5fMCqPZCp42UuY5geVqMNRVk86R4
Gambar tema oleh Igniel

Berbagi dengan menulis #weewblog

Wikipedia

Hasil penelusuran

Cari Blog Ini

Search Bar

Menguji Situs Mobile Friendly

Mobile Friendly

Membuat website/situs kini tidak sesulit yang dibayangkan. Banyak CMS (Content Management System)  yang bisa digunakan. Joomla dan Wordpress beberapa diantaranya. Dengan CMS semua orang bisa mendesain website yang akan mereka buat dengan mudah. Banyak tema dan plugin yang bisa digunakan untuk membuat tampilan halaman website semakin menarik.

Berbeda halnya dengan membuat website sendiri, walaupun kini sudah ada CMS beberapa orang menginginkan website yang dibuat oleh Web Developer. Biasanya website yang dibuat memiliki kebutuhan (requirement) khusus yang tidak disediakan CMS. Juga karena mereka menginginkan website yang profesional.

Dalam mengembangkan website, developer menggunakan framework untuk menjaga keamanan website. Semakin canggih framework yang digunakan, semakin aman pula data-data yang ada di website. Framework yang sering digunakan web developer diantaranya ada Codeigniter dan Laravel. Di Indonesia sendiri, framework juga mulai dikembangkan. Salah satu framework buatan orang Indonesia yang cukup dikenal yaitu Panada Framework.

Bagi yang menggunakan CMS, pembuat website tidak perlu kuatir akan situsnya. Apakah sudah mobile friendly atau belum. Karena, pihak pembuat CMS sudah menyediakan output website yang mobile friendly. Namun, bagi yang menggunakan jasa web developer anda patut bertanya apakah website yang dibuat sudah mobile friendly atau belum. Karena tidak semua web developer membuat website yang mobile friendly.

Lalu apa itu mobile friendly?
Seperti dilihat dari namanya, yaitu konten-konten yang ada di website sudah sesuai dan bisa digunakan untuk perangkat mobile maupun dekstop. Intinya tampilan website sudah bersahabat ketika dibuka melalui mobile device.

Untuk melakukan pengecekan website yang mobile friendly Google sudah menyediakan alatnya. Silahkan kunjungi alamat berikut.

https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

Dengan alat tersebut kita bisa mengecek apakah sebuah situs sudah mobile friendly atau belum. Jika belum, maka Google akan menampilkan point-point halaman yang tidak mendukung mobile device dan menyarankan perbaikan apa yang harus dilakukan agar website menjadi mobile friendly.

Sekian & semoga bermanfaat! :-D
Baca Juga
Wahyudi Eko
Berbagi dengan menulis

Related Post

Posting Komentar