P4GXIpU6yeYF5fMCqPZCp42UuY5geVqMNRVk86R4
Gambar tema oleh Igniel

Berbagi dengan menulis #weewblog

Wikipedia

Hasil penelusuran

Cari Blog Ini

Search Bar

Cara Mudah Mencari Jurnal Penelitian Ilmiah

Berawal dari kesibukan mencari bahan penelitian tugas akhir, saya mendapatkan pengalaman baru dalam hal mencari jurnal penelitian. Sebelumnya saat saya mencari jurnal saya harus pergi ke kampus untuk mendapatkan akses jurnal gratis yang disediakan kampus. Namun hal tersebut sekarang tidak menjadi masalah lagi, karena sebenarnya google telah menyediakan situs pencarian artikel ilmiah yang berkaitan dengan dunia pendidikan termasuk jurnal penelitian.

(sumber)



Anda dapat mengujungi situsnya di https://scholar.google.com/

Ketika kita merujuk kepada suatu jurnal penelitian, kadang tidak semua yang kita butuhkan berada dalam satu jurnal tersebut. Kita akan membutuhkan rujukan ke jurnal lain yang biasanya berada di daftar pustaka dibagian bawah jurnal.

Dengan mengujungi situs tersebut kita dapat menemukan jurnal yang kita inginkan dengan mudah. Kita hanya perlu mengetikkan detail dari jurnal yang ingin kita cari. Karena situs https://scholar.google.com/ memang ditujukan untuk kalangan akademik.

Sebagai contoh saya akan memasukkan  kata kunci penelusuran berupa detail jurnal berikut:
Pang, B. & Lee, L., 2008. Opinion Mining and Sentiment Analysis. Foundation and Trends in Information Retrieval, 2(1-135), pp. 1-2.
Saya akan mendapatkan hasil pencarian yang sesuai.




Pada gambar di atas google scholar menampilkan hasil terbaik yang paling mirip dari kata kunci yang kita masukkan. Di bagian bawah hasil pencarian terdapat link-link yang dapat digunakan untuk melihat hasil yang lebih banyak. Dari kata kunci yang saya masukkan tadi, dapat dilihat bahwa ada 54 versi hasil pencarian identik yang ditemukan google scholar.

Jika kita klik link tersebut, maka hasil pencarian yang lain akan ditampilkan. Seperti pada gambar di bawah ini.


 

Jurnal-jurnal yang memiliki keterangan [PDF] dapat diunduh secara langsung dengan mengklik judul pencarian yang diinginkan.

Selain pencarian jurnal google scholar juga menyediakan fitur kutipan. Dimana dari jurnal yang kita temukan kita dapat mengutipnya sebagai sumber referensi untuk penelitian kita. Untuk melakukannya kita cukup mengklik link kutip yang berada di bagian bawah hasil pencarian.



Demikian informasi seputar pencarian jurnal yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat!
Baca Juga
Wahyudi Eko
Berbagi dengan menulis

Related Post

1 komentar

Komentar Anda akan menjadi koreksi bagi perkembangan blog saya. Terimakasih 🙏🏻