P4GXIpU6yeYF5fMCqPZCp42UuY5geVqMNRVk86R4
Gambar tema oleh Igniel

Berbagi dengan menulis #weewblog

Wikipedia

Hasil penelusuran

Cari Blog Ini

Search Bar

Menghubungkan Android Device ke Android Studio dengan Universal ADB Driver Installer

Bagi yang sedang mempelajari pemrograman android kadang kesulitan saat menghubungkan device android dengan Android Studio. Sebenarnya selain menggunakan device android, kita juga bisa menggunakan emulator dari Android Studio, dengan menginstal plugin Intel HAXM. Akan tetapi menggunakan emulator bawaan Android Studio bukan cara yang tepat, karena bagi sebagian laptop emulator tersebut terasa berat, bahkan beberapa laptop juga ada yang tidak di-support Intel HAXM. Jika belum mempunyai device android, admin menyarankan agar menggunakan emulator yang lebih ringan seperti Genymotion (https://www.genymotion.com/). Dengan kapasistas ram yang minimalis (standard 2 GB) Genymotion masih bisa dijalankan bersama dengan Android Studio. Namun dianjurkan agar kapasitas ram bawaan ditambah agar performa laptop tidak berat.

Untuk menyambungkan device android dengan Android Studio kita memerlukan 2 langkah utama yaitu:
  1. Memastikan adb driver sudah terinstall pada laptop.
  2. Mengaktifkan USB Debugging pada device android.
Langkah 1
Untuk memastikan bahwa di laptop sudah ter-install adb driver adalah dengan menginstall aplikasi ADB Driver Installer, klik disini. Dengan menginstall aplikasi ini selain kita bisa mengetahui apakah adb driver sudah terinstal kita juga bisa menginstall adb driver yang diperlukan jika memang belum terinstall. Silahkan lihat panduannya disini. Jika adb driver sudah terinstall kita bisa lanjut ke langkah selanjutnya.

Tampilan jika driver bermasalah atau belum terinstall (Sumber : http://adbdriver.com/)

Tampilan jika driver berhasil terinstall (Sumber : http://adbdriver.com/)

Langkah 2
Pada langkah ke-2 ini kita melakukan pengaturan USB Debugging pada device android. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Buka menu Pengaturan (Setting) pada perangkat android.
  2. Scroll ke menu paling bawah, pilih menu Tentang Telepon (About Phone).
  3. Setelah itu scroll ke bawah lagi, cari menu Build Number. Klik tujuh kali pada menu tersebut untuk mengaktifkan fitur developer pada perangkat android. Saat kita melakukan klik, pada layar perangkat akan ditampilkan pesan pengaktifan fitur developer. Jika fitur developer sudah aktif maka pesan yang akan ditampilkan adalah "You are now a developer!".
  4. Setelah fitur developer aktif, pada menu pengaturan kita akan melihat menu baru bernama Developer Options. Pada menu ini, kita bisa mengaktifkan USB Debugging. Scroll ke bawah, temukan check button untuk mengaktifkan USB Debugging.
  5. Setelah USB Debugging aktif, kini device android sudah bisa terhubung dengan Android Studio ketika run project.
Demikian semoga bermanfaat! Salam Developer :D
Baca Juga
Wahyudi Eko
Berbagi dengan menulis

Related Post

2 komentar

Komentar Anda akan menjadi koreksi bagi perkembangan blog saya. Terimakasih 🙏🏻