P4GXIpU6yeYF5fMCqPZCp42UuY5geVqMNRVk86R4
Gambar tema oleh Igniel

Berbagi dengan menulis #weewblog

Wikipedia

Hasil penelusuran

Cari Blog Ini

Search Bar

Fitur Terbaru Firebase: Firebase Cloud Messaging

Bertepatan dengan acara Google I/O 2016 (18/05/2016), Google mengumumkan rilis tentang fitur-fitur terbaru dari teknologi yang dikembangkan oleh Google. Salah satu teknologi Google yang mendapatkan penambahan fitur adalah Firebase. Sebagai salah satu produk Google yang kini banyak digunakan, Firebase menjadi backend server yang populer digunakan oleh para developer. Selain karena kemudahan dalam penggunaannya, Firebase juga menjadi solusi bagi developer yang ingin mengembangkan aplikasi tetapi memiliki masalah dalam pengadaan server untuk aplikasi.

Sumber: firebase.google.com

Pengguna yang telah menggunakan Firebase akan menerima notifikasi tentang fitur baru yang Google terapkan dalam Firebase. Fitur baru tersebut diklaim dapat membantu developer dalam membangun aplikasi secara lebih cepat, dengan solusi pennyimpanan file dan alat konfigurasi yang dapat di-remote (dipantau dari jauh) untuk melakukan kostumisasi terhadap aplikasi yang dikembangkan. Yang paling membahagiakan adalah adanya integrasi Firebase dengan Google Cloud Messaging (GCM) yang dikenal dengan Firebase Cloud Messaging. Dengan adanya fitur tersebut Google juga melakukan update terhadap core authenticationdatabase, dan hosting services yang ada pada Firebase.
Tidak sampai disitu saja, kini Firebase juga mendukung pemantauan siklus penggunaan aplikasi dengan menambahkan fitur Firebase Analytics. Dengan adanya fitur ini developer dapat memantau penggunaan aplikasi dengan fitur analisis yang dapat digunakan secara gratis dan unlimited. Selain itu Google juga merilis Test Lab dan Crash Reporting yang dapat digunakan developer untuk meningkatkan kualitas aplikasi yang dikembangkan dengan Firebase. Fitur tambahan lainnya yaitu adanya 5 dukungan untuk pengguna aplikasi yang mempermudah peningkatan aplikasi berbasis user yaitu Notifications, Invites, Dynamic Links, App Indexing, dan integrasi dengan Google AdWords.
Update yang terakhir adalah pengumuman tentang tampilan baru halaman admin console dan model pembayaran yang lebih sederhana dalam Firebase, serta free custom domain untuk hosting semua paket akun. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Firebase dan fitur-fiturnya, Anda dapat mengunjungi halaman official Firebase yang terbaru di https://firebase.google.com/.


Baca Juga
Wahyudi Eko
Berbagi dengan menulis

Related Post

1 komentar

  1. kalau firebase appindexing digabungin blogspot gimana gan, biar ke index semua, apakah pathPrefix cukup dibuat forward slash / saja kah?
    https://mnhq9.app.goo.gl/Y2QC
    terima kasih..

    BalasHapus
Komentar Anda akan menjadi koreksi bagi perkembangan blog saya. Terimakasih 🙏🏻