P4GXIpU6yeYF5fMCqPZCp42UuY5geVqMNRVk86R4
Gambar tema oleh Igniel

Berbagi dengan menulis #weewblog

Wikipedia

Hasil penelusuran

Cari Blog Ini

Search Bar

Tips Menggunakan VR-Glass

Hari ini VR-Glass sudah mulai digunakan banyak orang, dari anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Pada awalnya perkembangan kacamata VR (Virtual Reality) ini dipelopori oleh Google dalam ajang Google I/O 2014. Google sendiri memiliki handset VR yang dikenal dengan Google Cardboard. Kini bukan hanya Google yang memproduksi handset VR tersebut, perusahaan-perusahaan smartphone pun kini juga menjualnya. Seperti halnya Lenovo, mereka memperkenalkan produk smartphone Lenovo Vibe K4 Note dengan bonus handset VR Lenovo di dalamnya.   
Sumber: www.a-accessories.com
Pada penggunaannya VR-Glass dipakai seperti kacamata biasa. Hanya saja pada bagian ujungnya di tempatkan smartphone untuk digunakan memuat tampilan gambar, film, ataupun game VR. Sebenarnya VR-Glass ini agak berbeda dengan Google Cardboard. Jika pada Google Cardboard terdapat magnet pengendalian, pada beberapa VR-Glass kadang tidak ada magnet yang digunakan untuk berinteraksi dengan tampilan smartphone. Mungkin inilah kekurangan dari VR-Glass yang beredar di pasaran. Namun, hal tersebut tidak menjadi masalah jika pengguna hanya memanfaatkan VR-Glass hanya untuk menonton film, karena pengguna tidak membutuhkan banyak interaksi dengan smartphone.

Ada beberapa solusi yang dapat pengguna lakukan jika memiliki VR-Glass yang tidak mempunyai magnet pengendali. Disini Admin akan menyebutkan beberapa alat yang dapat digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan smartphone-nya dalam mode VR ketika menggunakan VR-Glass.

1. Bluetooth Controller
Bluetooth controller menjadi pilihan utama yang Admin sarankan. Dengan menggunakan bluetooth controller kita akan lebih mudah berinteraksi dengan smartphone dalam mode VR. Terutama jika pengguna memanfaatkan VR-Glass untuk bermain game. Pada dasarnya bluetooth controller ini fungsinya mirip dengan game-controller (joystick) biasa yang digunakan untuk bermain game di PC, hanya saja ukurannya lebih kecil karena digunakan untuk smartphone. 

2. Mouse Bluetooth dengan USB
Mouse USB juga bisa digunakan untuk berinteraksi dengan smartphone dalam mode VR. Penggunaan mouse USB ini fungsinya mirip dengan menggunakan mouse USB pada laptop/PC biasa. Untuk menggunakannya pengguna membutuhkan kabel USB OTG (on-the-go) yang berguna untuk menancapkan usb dari mouse bluetooth. Admin menyarankan memakai mouse bluetooth karena mouse nya mudah digerakan kesana kemari. Interaksinya sangat mudah, klik kiri berfungsi layaknya seperti saat mengetukkan jari kita di smartphone dan klik kanan berguna untuk kembali ke tampilan sebelumnya. Pengguna juga bisa memanfaatkan scroll yang ada pada mouse untuk menggulir tampilan layar smartphone.

Catatan: Admin hanya meyarankan menggunakan cara kedua ini untuk smartphone yang memiliki mode VR seperti Lenovo K4 Note. Karena jika tidak memiliki fungsi mode VR pengguna akan kesulitan dalam menggerakkan kursor mouse pada tampilan smartphone.

3. Memilih VR-Glass yang tidak tertutup 
Cara terakhir adalah dengan memilih VR-Glass yang tidak tertutup sepenuhnya. Dengan menggunakan VR-Glass yang memiliki celah pada samping kanan dan kiri, pengguna akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan smartphone. Contohnya adalan VR-Glass yang dipasarkan oleh Lenovo.   

Demikianlah tips yang dapat Admin bagikan untuk pengguna VR-Glass. Semoga bermanfaat! :D
Baca Juga
Wahyudi Eko
Berbagi dengan menulis

Related Post

Posting Komentar