P4GXIpU6yeYF5fMCqPZCp42UuY5geVqMNRVk86R4
Gambar tema oleh Igniel

Berbagi dengan menulis #weewblog

Wikipedia

Hasil penelusuran

Cari Blog Ini

Search Bar

Mengambil Data GoogleSheet Dan Menampilkannya Dalam Format JSON

Salam IT!

Selamat pagi...
admin hari ini akan berbagi tutorial untuk mengambil data dari google sheet dan menampilkannya dalam format JSON. Para developer menggunakan google sheet untuk membuat aplikasi, entah itu berupa aplikasi mobile maupun aplikasi dekstop. Nah... pada saat mengambil data dari google sheet ada aturan-aturan agar data yang ada di sheet bisa kita ambil sesuai kebutuhan, dalam tutorial kali ini kita akan mengambil data dalam format JSON.

(sumber)

Sebelumnya admin akan membuat sheet sample agar pembaca sekalian bisa lebih paham. Berikut ini adalah url dari sheet yang admin buat : https://docs.google.com/spreadsheets/d/1Ay_wg4wTciWO2H0Poeig4i3dWa4-jmVzxMadVQtDoUQ/edit?usp=sharing

Langkah-langkah yang dilakukan untuk mengambil data JSON dari google sheet cukup mudah.
  1. Pertama, kita baca dulu aturan cara pengambilan data dari dokumentasi Google Sheet API disini. Pada dokumentasi tersebut dapat kita ketahui bahwa versi API Google Sheet terbaru adalah API versi 3, yang akan kita gunakan pada tutorial kali ini. Pada bagian dokumentasi feed url, kita mengetahui bahwa format url feed dari google sheet adalah  "https://spreadsheets.google.com/feeds/list/key/worksheetId/private/basic".

    Karena kita akan menggunakan file tersebut untuk public maka kita ubah alamatnya menjadi "https://spreadsheets.google.com/feeds/list/key/worksheetId/public/basic".

    Pada url feed tersebut kita hanya perlu mengisi key dan worksheetId dari google sheet yang akan kita pakai. Dari alamat sample data di atas key = 1Ay_wg4wTciWO2H0Poeig4i3dWa4-jmVzxMadVQtDoUQ dan worksheetId yang akan kita pakai adalah sheet1 (worksheetId = 1). Sehingga alamat feednya menjadi "https://spreadsheets.google.com/feeds/list/1Ay_wg4wTciWO2H0Poeig4i3dWa4-jmVzxMadVQtDoUQ/1/public/basic".

    Pembaca dapat mencoba url tersebut untuk memastikan bahwa halaman yang ditampilkan berupa halaman feed.
  2. Selanjutnya dari alamat feed tersebut, kita dapat merubah format data tampilan dalam bentuk JSON dengan memanfaatkan google apis, dokumentasinya dapat dilihat disini. Untuk membuat file feed dari url yang sudah kita buat menjadi format JSON kita membutuhkan base url dari google apis (http://ajax.googleapis.com/ajax/services/feed/load?v=1.0&q=) dan query dari alamat yang akan digunakan. Secara lengkap alamat urlnya akan menjadi seperti berikut. 

    "http://ajax.googleapis.com/ajax/services/feed/load?v=1.0&q=https://spreadsheets.google.com/feeds/list/1Ay_wg4wTciWO2H0Poeig4i3dWa4-jmVzxMadVQtDoUQ/1/public/basic".
  3. Selesai :-D. Silahkan coba url tersebut, pastikan data ditampilkan dalam format JSON. Untuk memastikannya dengan JSON Formatter & Validator, pembaca dapat meng-copy-paste hasil url. 
Selain dengan cara di atas file dalam google sheet juga dapat diambil dengan menggunakan API google sheet. Berikut ini contohnya.

Format JSON:
 https://spreadsheets.google.com/feeds/list/1Ay_wg4wTciWO2H0Poeig4i3dWa4-jmVzxMadVQtDoUQ/1/public/values?alt=json

Format XML:
https://spreadsheets.google.com/feeds/list/1Ay_wg4wTciWO2H0Poeig4i3dWa4-jmVzxMadVQtDoUQ/1/public/values

Sekian tutorial dari admin. Semoga bermanfaat!


Baca Juga
Wahyudi Eko
Berbagi dengan menulis

Related Post

Posting Komentar