P4GXIpU6yeYF5fMCqPZCp42UuY5geVqMNRVk86R4
Gambar tema oleh Igniel

Berbagi dengan menulis #weewblog

Wikipedia

Hasil penelusuran

Cari Blog Ini

Search Bar

Rahasia Bilangan Biner?

Saat bertanya tentang bilangan biner, apakah yang terlintas di benak kita? Ya.. 0 dan 1. Biner adalah sistem bilangan yang terdiri dari dua angka yaitu 0 dan 1. Sebagai mahasiswa Informatika angka-angka tersebut sudah menjadi bagian dalam keseharian, karena mau tidak mau harus memahami angka-angka tersebut untuk membantu proses "pengkodean" atau biasa kita sebut dengan istilah coding.

Bilangan biner dalam kehidupan kita merepresentasikan apa-apa yang dipahami oleh mesin. Dahulu kala ketika awal ditemukannya komputer, yang pada saat itu ukurannya begitu besar. Untuk menjalankan komputer tersebut dibutuhkan saklar on dan off untuk mengirim sinyal ke komputer, yang kemudian diterjemahkan menjadi bahasa yang dipahami komputer, sehingga komputer dapat beroperasi. Tentunya dahulu masih sangat primitif. Saklar tersebut saat ini kita kenal sebagai bilangan biner 0 dan 1.

Contohnya dapat kita lihat pada huruf-huruf yang kita ketik. Sebenarnya apa yang kita ketikkan dalam bentuk karakter... a,b,c,d..A,B,C,D,,, dst. akan dikonversi ke dalam angka biner agar dapat diproses oleh komputer.

Berikut ini adalah contoh konversi bilangan biner yang telah ditetapkan dalam kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange).

Contoh table ASCII
Sumber: http://www.blogsitaufik.web.id/2013/03/tabel-ascii-8-bit_27.html 


Baca Juga
Wahyudi Eko
Berbagi dengan menulis

Related Post

2 komentar

  1. Postingan yang sangat bagus, deskripsi yang sangat jelas dan sangat informatif. Situs web Anda sangat membantu. Terima kasih banyak sudah berbagi !

    BalasHapus
  2. Ditunggu postingan berikutnya menginai binary

    BalasHapus
Komentar Anda akan menjadi koreksi bagi perkembangan blog saya. Terimakasih 🙏🏻